Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bolu Panggang 8 Telur Takaran Gelas

Resep Bolu Panggang 8 Telur Takaran Gelas - Bolu panggang merupakan salah satu jenis kue yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis sehingga cocok untuk dijadikan camilan atau hidangan penutup. Jika Anda ingin membuat bolu panggang dengan takaran yang tepat, berikut adalah resep bolu panggang 8 telur takaran gelas yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Bolu Panggang 8 Telur Takaran Gelas

Resep Bolu Panggang 8 Telur Takaran Gelas


Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 8 butir telur ayam
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 gelas tepung terigu
  • 1/2 gelas margarin atau mentega cair
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok makan air matang

Langkah-langkah pembuatan bolu panggang 8 telur takaran gelas:

1. Panaskan oven pada suhu 170 derajat Celsius.

2. Siapkan loyang bulat dengan diameter 24 cm dan olesi dengan margarin atau mentega. Setelah itu, taburi sedikit tepung terigu agar bolu tidak lengket saat dikeluarkan dari loyang.

3. Pecahkan 8 butir telur ayam ke dalam mangkuk besar. Kocok telur dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih.

4. Setelah itu, tambahkan 1 gelas gula pasir secara perlahan sambil tetap dikocok hingga tercampur rata.

5. Masukkan 1/2 gelas margarin atau mentega cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

6. Ayak 1 gelas tepung terigu, 1 sendok teh baking powder, 1 sendok teh vanili bubuk, dan 1/4 sendok teh garam ke dalam mangkuk yang berbeda. Campurkan dan aduk hingga merata.

7. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

8. Setelah itu, masukkan 2 sendok makan susu bubuk dan 2 sendok makan air matang. Aduk hingga tercampur rata.

9. Masukan adonan ke  loyang yang sudah ada.

10. Panggang adonan dalam oven selama 45-50 menit atau hingga matang. Untuk memeriksa kematangan bolu, gunakan tusuk gigi dan tusukkan ke dalam bagian tengah bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka bolu sudah matang dan siap untuk diangkat.

11. Angkat bolu dari oven dan biarkan dingin. Setelah itu, keluarkan dari loyang dan bolu panggang 8 telur takaran gelas siap disajikan.

Demikianlah resep bolu panggang 8 telur takaran gelas yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Post a Comment for "Resep Bolu Panggang 8 Telur Takaran Gelas"