Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Hukum Nya Keluar Mani di Bulan Puasa Menurut Islam

Apa Hukum Nya Keluar Mani di Bulan Puasa Menurut Islam - Mungkin sebagian besar umat mulim belum tau tentang hukum keluar mani saat bulan puasa? Pertanyaan tersebut mungkin salah satu kejadian yang pernah kalian alami dan pastinya bertanya tanya jika keluar mani saat bulan puasa hukumnya gimana dalam islam.

Berikut ini jawaban terbaik untuk pertanyaan teman-teman yang belum tau hukum dari keluar air mani saat bulan puasa. Untuk jawaban atas pertanyaan teman-teman bisa baca artikel lengkapnya di bawah ini ya.

Jawaban Terbaik Hukum Keluar Mani di Bulan Puasa

Apa Hukum Nya Keluar Mani di Bulan Puasa Menurut Islam

Dalam Islam, keluarnya mani (sperma) saat berpuasa tidak diperbolehkan dan dianggap membatalkan puasa. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW, yang menyatakan:

"Barang Siapa yang disengaja atau membiarkan air mani keluar, maka ia harus memperbanyak sedekah." (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, sebaiknya selama bulan puasa umat Muslim menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan keluarnya mani, seperti melakukan hubungan intim atau melakukan masturbasi.

Namun, jika keluarnya mani terjadi tanpa disengaja, misalnya saat tidur (mimpi basah) atau karena faktor kesehatan, maka puasa masih tetap sah dan tidak perlu diqadha (diganti).

Namun, penting untuk diingat bahwa bulan puasa adalah bulan yang suci dan penuh dengan ibadah, sehingga sebaiknya kita menjaga diri dan memperbanyak amalan kebaikan serta menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah.

Demikanlah penjelasan singkat tentang Apa Hukum Nya Keluar Mani di Bulan Puasa Menurut Islam. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Trimakasih

Post a Comment for "Apa Hukum Nya Keluar Mani di Bulan Puasa Menurut Islam"